Pengertian Kanker Serviks

Pengertian Kanker leher rahim (kanker serviks) adalah kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim dengan liang senggama (vagina). Kanker ini biasanya terjadi pada wanita yang telah berumur, tetapi bukti statistik menunjukan bahwa kanker leher rahim dapat juga menyerang wanita yang berumur antara 20 sampai 30 tahun” (Riono, 1999).
Proses terjadinya kanker serviks sangat erat hubungannya dengan proses metaplasia.  Masuknya  mutagen  atau bahan  -  bahan yang dapat mengubah perangai sel secara  genetik  pada saat fase aktif  metaplasia  dapat menimbulkan sel-sel yang berpotensi ganas.(Sjamsuddin, 2001).
Kanker serviks dimulai dengan adanya suatu perubahan dari sel serviks normal menjadi sel  abnormal  yang kemudian membelah diri tanpa terkendali. Sel serviks yang  abnormal  ini dapat berkumpul menjadi tumor yang bersifat jinak atau ganas.(Rasjidi & Sulistiyanto, 2007).
Penyebab Kanker Serviks
Penyebab utama kanker servik adalah infeksi  Human Papilloma Virus  (HPV). Lebih dari 90% kanker serviks  jenis  skuamosa  mengandung DNA virus HPV dan 50% kanker servik berhubungan dengan HPV tipe 16. Penyebaran Virus ini terutama melalui hubungan seksual (Aziz, et al., 2006).  Terdapat beberapa faktor risiko  selain faktor  penyebab utama dari infeksi HPV. Faktor risiko dari kanker serviks yaitu mulai melakukan hubungan seksual pada usia  kurang dari  20 tahun, pemakaian kontrasepsi oral jangka panjang, merokok, dan defisiensi nutrisi yaitu kekurangan beta karoten, Vitamin C (Sjamsuddin, 2001).


Related post:


0 komentar:

Posting Komentar