Pengertian Kanker Payudara

Pengertian Kanker Payudara atau istilah medisnya  Carcinoma Mammae  adalahpembunuh kedua bagi kaum wanita Indonesia setelah kanker rahim.  Kanker payudara terjadi karena terganggunya  sistem pertumbuhan sel di dalam jaringan payudara. Payudara tersusun atas kelenjar susu, jaringan lemak, kantung penghasil susu, dan kelenjar getah bening. Sel abnormal bisa tumbuhdi empat bagian tersebut, dan mengakibatkan kerusakan yang lambat tetapi pasti menyerang payudara (Nurcahyo, 2010).
Sel kanker pada payudara hanya tumbuh sebesar 1cm,  pada waktu 8-12 tahun. Sel tersebut bersembunyi dalam tubuh kita dan tanpa kita ketahui keaktifannya. Sel tersebut diam dalam kelenjar payudara dan dapat  menyebar melalui aliran darah keseluruh tubuh (Suryaningsih dan Sukaca, 2009)
Gejala Klinis Kanker Payudara
Menurut Mangan (2010), gejala klinis kanker payudara pada stadium dini tidak menimbulkan keluhan  dan rasa sakit. Salah satu tanda yang dapat di amati pada stadium dini adalah adanya benjolan kecil di payudara. Sementara, beberapa keluhan yang di rasakan oleh penderita pada stadium lanjut sebagai berikut:
1.  Jika di raba dengan tangan, terasa ada benjolan di payudara.
2.  Jika di amati, bentuk dan ukuran payudara berbeda dengan sebelumnya.
3.  Ada luka dan eksim di payudara dan puting susu yang tidak dapat sembuh meskipun telah diobati.
4.  Keluar darah atau cairan encer dari puting susu.
5.  Puting susu masuk memuntir ke dalam payudara.
6.  Kulit payudara berkerut seperti kulit jeruk.
7. Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar