Faktor Pemicu Kanker Payudara

Faktor Pemicu Kanker Payudara Menurut, Suryaningsih  dan Sukaca  (2009, pp.23-27),  faktor pemicu kanker payudara adalah:
Bahan-bahan yang dapat memicu kanker adalah:
a. Zat karsinogenik
Penyebab kanker payudara memang belum diketahui secara pasti oleh dunia kedokteran. Namun menurut kajian Li Peiwien (seorang dokter medis ahli kanker sekaligus pakar pengobatan tradisional tiongkong) mengapa orang Indonesia lebih banyak penderita kanker dibanding Cina dikarenakan orang Indonesia suka makan gorengan.
Dari makanan kerupuk, pisang goreng, singkong goreng, tempe goreng, ayam goreng, kentang goreng, nasi goreng hampir menjadi santapan sehari-hari orang Indonesia. Setiap hari tiada hari tanpa makan gorengan. Sebab makanan yang digoreng adalah makanan praktis, hasilnya lebih enak  dan gurih daripada makanan yang direbus.
Mengapa gurihnya makanan gorengan dapat memicu kanker? EdenTareke  dari  Universitas Stockholm,  Swedia, oada tahun 2002 mengumumkan hasil penelitiannya. Hal ini terikat mengenai akrilamida, karsinogen  yang berbentuk pada makanan yang dipanaskan.
Menurut penelitian itu, makanan kaya karbohidrat seperti singkong,  ubi, kentang,  pisang, nasi dan jenis lainnya  jika digoreng akan terurai. Kemudian bereaksi dengan asam amino menghasilkan senyawa karsinogenik (pemicu kanker) yang bernama akrilamida. Demikian juga makanan yag dipanggang. Sedang makanan mentah, atau dikukus tidak mengalami reaksi semacam itu, sehingga tidak menghasilkan akrilamida, kalaupun ada, adarnya sangat kecil.
b.  Senyawa kimia
Banyak sekali  senyawa kimia yang ada di sekitar kita. Zat-zat itu merupakan racun bagi tubuh kita. Senyawa kimia tersebut adalah seperti aflatoxin B1, ethionine, saccarin, asbestos, nikel, chrom, arsen, arang, tarr, asap rokok dan oral konsepsi.
c.  Faktor fisik
Faktor-faktor fisik yang dapat memicu di sekitar kita  adalah seperti radiasi matahari, nuklir dan radionukleide. Perlu diingat walaupun Anda  sudah menggunakan bra namun radiasi matahari masih bisa menembus ke jaringan payudara. Oleh sebab itu Anda harus berhati-hati dengan sinar matahari yang dapat memicu kanker payudara.
d.  Makanan yang dianjurkan untuk menghindari dan dikurangi konsumsinya
Banyak sekali  bahan makanan yang harus kita hindari sebab makanan tersebut mengandung zat yang dapat memicu kanker. Bahan makanan itu adalah antara lain: taoge, vetsin, tapai, cabe, es, garam, kelengkeng, alkohol, nanas, sawi putih, daging merah,  rokok, nangka,durian, soft drink, kangkung, dan ikan asin.
e.  Kelemahan genetik sel-sel pada tubuh sehingga memudahkan munculnya kanker.


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar