Distribusi Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Distribusi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) dalam persebaran atau distribusi tumbuhan paku, dari beberapa jenis tumbuhan paku dapat tumbuh dan berkembang dalam wilayah geografis yang luas, mulai dari tepipantai sampai ke pegunungan. Akan tetapi ada juga yang jenis-jenis yanghanya tersebar dalam kawasan yang sangat terbatas. Pada masa jutaan tahun yang lalu vegetasihutan-hutan di bumi terutama tersusun dari jenis tumbuhan paku yang berupa pohon-pohon yang tinggi dan besar. Jenis-jenis tumbuhan paku yang masih ada jumlahnya relatif kecil (dibandingkan dengan jenis-jenis dari divisi lainnya) dan dianggap sebagai peninggalan dari kelompok tumbuhan yang pernah mendominasi bumi ini (Smith,1979).
Jenis-jenis yang masih ada sekarang ini sebagian besar bersifat higrofit yang menyukai tempat teduh dengan tingkat kelembaban yang tinggi, akan tetapi pada umumnya kebanyakan adalah jenis tumbuhan paku terrestrial. Tumbuhan paku yang paling besar dan tinggi ditemui pada marga Cyathea(paku pohon), sedangkan tumbuhan paku dari suku Gleichenioceaepada umumnya merupakan tumbuhan perintis di daerah terbuka (Sastrapradja,S. 1979).
Penyebaran tumbuhan paku dilakukanmelalui spora yang terdapat di dalam kotak sporangium. Organ ini sangat efisien untuk kepentingan penyebaran karena dapat mencapaitempat-tempat yang jauh dengan bantuan angin, serta dapat diproduksi dengan jumlah yang banyak.
Dengan cara demikian sebagian darispora tersebut dapat menemukan tempat yang cocok untuk pertumbuhannya. Seperti halnya pola penyebaran tumbuhan pada umumnya,pola penyebaran tumbuhan paku juga tergantung pada sifat fisikakimia lingkungan maupun keistimewaan biologis masing-masing  individu. Pola penyebaran dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu a. ) penyebaran teratur atau seragam: individu-individu terdapat pada tempat-tempat tertentu dalam komunitas, b.) penyebaran acak: individu-individu menyebar dalam beberapa tempat dan mengelompok pada tempat-tempat lainnya, c.)  penyebaran berumpun: individu-individu selalu ada dalam kelompok-kelompok dan sangat jarang terlihat sendiri atau terpisah (Michael,A.E.1994).


Related post:


0 komentar:

Posting Komentar