Pola-Pola Pertumbuhan Fisik pada Bayi

Dalam perjalanan perumbuhan masa bayi, banyak perubahan tubuh yang terjadi. Selama perkembangan prakelahiran dan pada masa bayi awal, kepala akan kelihatan lebih besar dibandingkan seluruh tubuh. Secara bertahap, proporsi ini berubah. Mengapa? Pertumbuhan tidak bersifat acak (tidak teratur), melainkan mengikuti dua pola pertumbuhan yaitu:
Pola cephalocaudal
Pola cephalocaudal merupakan rangkaian dimana pertumbuhan tercepat selalu terjadi diatas, yaitu kepala. Pertumbuhan fisik dalam ukuran, berat badan, dan perbedaan ciri fisik secara bertahap bekerja dari atas kebawah. Contohnya, dari leher kebahu, ke batang tubuh bagian tengah, dan seterusnya. Pola yang sama ini terjadi didaerah kepala; bagian atas kepala – mata dan otak – tumbuh lebih cepat dari pada bagian bawahnya, seperti janggut.
Perkembangan sensoris dan motorik juga biasanya berproses menurut princip cephalocaudal. Sebagai contoh, bayi melihat objek sebelum mereka dapat mengendalikan tubuh mereka, dan mereka dapat menggunakan tangan jauh sebelum mereka dapat merangkak atau berjalan. Meskipun demikian, salah satu studi menunjukkan bahwa bayi meraih mainan dengan kaki mereka sebelum mereka menggunakan tangannya. Secara rata-rata, bayi pertama kali menyentuh mainan dengan kaki mereka saat mereka berusia 12 minggu dan dengan tangan mereka setelah berusia 16 minggu.
Pola Proximodistal
Pola proximodistal merupakan rangkaian pertumbuhan yang dimulai dari pusat tubuh dan bergerak kearah tangan dan kaki. Contohnya kendali otot tubuh dan lengan matang sebelum kendali tangan dan jari. Lebih jauh, bayi menggunakan seluruh tangannya sebagai kesatuan sebelum mereka dapat mengontrol jari mereka.


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar