Macam-Macam Kecemasan Berdasarkan Sumbernya

Menurut Abe Arkoff, kecemasan adalah “Anxiety as a state of arousal caused by threat to well being”.  Kecemasan adalah suatu hal yang menggoncang karena adanya ancaman terhadap kehidupan.  Kecemasan dapat berpengaruh pada ketidakabnormalan fungsi fisik maupun psikis. Pengaruh kecemasan pada fungsi fisik misalnya detak jantung yang tidak normal, tidur tidak nyenyak, gerak peristaltic usus yang terganggu, pola makan yang berubah bahkan bisa sesak napas. Sedangkan pengaruh kecemasan terhadap fungsi psikis (mental) seperti rasa ketakutan yang tidak jelas, cara berpikir yang tidak rasional, susah mengambil keputusan yang tepat, dan lain-lain.
Kecemasan terjadi karena ketidakmampuan individu menyesuaikan diri dengan keadaan, sehingga merasa terancam. Macam-macam kecemasan berdasarkan sumbernya dapat dibagi atas:
1.     Kecemasan karena perasaan bersalah. Seseorang yang melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hati dan keyakinannya. Misalnya, seorang siswa yang menyontek, pada waktu pengawas lewat didepannya dia akan merasa ketakutan dan berkeringat dingin, karena takut ketahuan.
2.     Kecemasan karena mengetahui ada sesuatu yang mengancam dirinya. Misalnya kendaraan yang sedang dipakai, mengalami kerusakan pada rem, akan cemas, jangan sampai tabrakan.
3.     Kecemasan dalam bentuk yang kurang jelas, apa yang ditakuti tidak seimbang atau yang dicemaskan itu pada dasarnya adalah sesuatu yang tidak berbahaya. Ini adalah kecemasan dalam bentuk fobia. Fobia adalah merasa sangat ketakutan pada sesuatu, padahal sesuatu itu secara rasional tidak berbahaya.


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar