Keuntungan Menyusui ASI pada Bayi

ASI (air susu ibu) adalah makanan bayi yang paling sehat. ASI sangat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat, terarah dan terhindar dari risiko-resiko bahaya zat-zat kimia yang dikandung dari zat makanan pengganti ASI.
       Dibawah ini adalah list dari keuntungan memberikan ASI pada bayi jika dibandingkan dengan susu formula yang didapatkan dari hasil penelitian: 
  • Pertambahan berat badan bayi pas dan menurunkan resiko obesitas pada anak. Menurut hasil dari beberapa penelitian menemukan bahwa ASI menurunkan resiko obesitas anak hingga sedang. Mengapa? Salah satu penjelasan yang mungkin bagi resiko menurun ini adalah pemograman metabolisme dini. Yaitu mengkonsumsi susu formula dapat mengubah bagaimana tubuh bayi berbekas terhadap karbohidrat, perubahan yang mempengaruhi bayi akan obesitas (kegemukan) dikemudian hari. 
  • Bayi tahan terhadap alergi zat makanan sekarang dan dikemudian hari. 
  • Pencegahan dan penurunan diare, infeksi pernapasan (sepert paru-paru basah dan bronchitis), infeksi saluran kencing dan infeksi karena bakteri, dan media otitis (infeksi telinga bagian tengah). 
  • Tulang yang lebih padat di masa kanak-kanak dan dewasa. 
  • Kanker anak yang menurun dan menurunnya frekuensi kanker payudara pada ibu dan keturunannya yang berjenis kelamin perempuan. 
  • Frekuensi SIDS yang lebih rendah. Dalam sebuah studi, untuk setiap perilaku menyusui ASI secara efektif dalam sebulan, angka SIDS menurun setengahnya. 
  • Ketajaman visual serta perkembangan neurologis dan kognitif yang meningkat.
List diatas adalah mamfaat ASI jika dibandingkan dengan susu formula yang didapatkan pada beberapa penelitian ilmiah. Ternyata ASI berdampak pada perkembangan bayi sekarang dan seterusnya, mempengaruhi system immun (kekebalan tubuh) pada bayi, serta menormalkan system pencernaan pada bayi.

Sumber:  http://www.psychologymania.com/2012/02/keuntungan-menyesuai-asi-pada-bayi.html


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar