Identifikasi Perasaan Cinta

Alangkah baiknya jika kita bisa mengidentifikasikan bagaimana perasaan cinta jika sedang menjalin hubungan yang romantic. Menurut Hazan dan Shaver (1994) ada tiga gaya pengekspresian cinta yang bisa ditunjukkan dalam sebuah hubungan cinta. dibawah ini dijelaskan gaya pengekspresian itu dengan beberapa adaptasi didalamnya. Silahkan identifikasi rasa cinta anda, yang mana paling menggambarkan diri anda dari ketiga gaya tersebut.
Gaya Mencari Aman (Secure style)
Mudah menjalin hubungan akrab dengan orang lain dan merasa nyaman bergantung pada mereka, dan juga merasa nyaman bila mereka bergantung pada keadaan yang sebaliknya. Jadi ada rasa ketergantungan timbal balik. Merasa khawatir apabila diabaikan orang lain, dan seseorang lebih dekat dengan pasangannya.
Gaya Menghindar (Avoidant style)
Tidak terlalu merasa nyaman untuk membangun hubungan dekat dengan orang lain. Mengalami kesulitan dalam mempercayai orang lain sepenuhnya dan sulit mengizinkan diri sendiri bergantung pada orang lain. Merasa kurang nyaman saat seseorang mendekat, dan seringkali pasangan menginginkan agar lebih perhatian dan intim dibandingkan dengan apa yang ditunjukkan selama ini.
Gaya Pencemas (Anxious style)
Melihat dan menemukan bahwa orang lain tidak ingin didekati seperti yang saya inginkan. Seringkali merasa khawatir bahwa pasangan tidak mencintai dengan sungguh-sungguh dan perasaan bahwa pasangan tidak akan terus bersama-sama seperti sekarang. Ingin menggabungkan diri dengan orang lain secara keseluruhan, namun keinginan tersebut justru seringkali membuat orang lain menghindar.
Itulah tiga gaya pengekspresian cinta menurut Hazan dan Shaver. Silahkan identifikasi diri anda dan pasangan anda, termasuk gaya mana mereka. Apakah kalian cocok dengan gaya ekspresi cinta mereka?


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar