Dampak Positif dari Sikap Percaya Diri

Tidak ada yang membantah jika percaya diri adalah sebuah sikap yang positif. Percaya diri akan membawa seseorang pada optimism menjalani hidup. Dia adalah modal awal yang menentukan keberhasilan, dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi. 
Menurutl Angelis (2000), kepercayaan diri berawal dari kemauan yang keras pada diri sendiri untuk melakukan segala hal yang diinginkan dan dibutuhkan dalam kehidupan. Sedangan Anita (2004) mendefenisikan percaya diri berarti yakin akan kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan masalah. Seseorang yang percaya diri merasa sanggup dan berpikir positif dalam menghadapi tantangan. Seseorang yang percaya diri adalah sebuah kekuatan batin untuk menaklukkan, tanpa ada rasa ragu dalam hati akan ketidakmampuannya. Dia akan berpikir secara objektif tentang diri dan kemampuannya, bukannya merendahkan atau menyepelekannya.
Rasa percaya diri akan memberikan dampak yang positif dalam beberapa area psikologis manusia (Weinberg), antara lain:
Emosi
Dengan percaya diri yang tinggi, akan lebih mudah mengendalikan dirinya didalam suatu keadaan yang menekan, dapat menguasai dirinya untuk bertindak tenang dan dapat menentukan saat yang tepat untuk melakukan suatu tindakan.
Konsentrasi
Rasa percaya diri yang tinggi akan mempermudah seseorang memusatkan perhatiannya pada hal-hal tertentu tanpa merasa terlalu khawatir akan hal lainnya yang mungkin merintangi rencana tindakannya.
Sasaran
Seseorang dengan rasa percaya diri yang tinggi cenderung untuk mengarahkan tindakannya pada sasaran yang cukup menantang, karena juga akan mendorong dirinya untuk berupaya dengan baik.
Usaha
Seseorang dengan ras percaya diri yang tinggi tidak mudah patah semangat atau frustasi dalam berupaya meraih cita-cita dan cenderung tetap berusaha sekuat tenaga sampai usahanya membuahkan hasil.
Strategi
Seseorang dengan rasa percaya diri yang tinggi cenderung terus berusaha untuk mengembangkan berbagai strategi untuk memperoleh hasil usahanya. Akan mencoba berbagai strategi dan berani mengambil resiko atas strategi yang diterapkannya.
Momentum
Dengan rasa percaya diri yang tinggi, seorang individu akan menjadi lebih tenang, ulet, tidak mudah patah semangat, terus berusaha mengembangkan strategi dan membuka berbagai peluang bagi dirinya. Akibatnya, hal ini akan menjadi lebih memberikan kesempatan pada dirinya untuk memperoleh momentum atau saat yang tepat untuk bertindak.

Referensi:
Angelis, Barbara De. (2001). Percaya Diri, Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Anita Lie (2004). Cara menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta: PT Eleksmedia Komputindo
Monty, P,Setiadarma. (2000). Dasar-dasar Psikologi Olahraga. Jakarta: PT Pustaka Sinar Harapan.



Related post:


0 komentar:

Posting Komentar