Batam, Syurga bagi Pencari Kerja

Sampai saat ini, salah kota yang berkembang pesat sebagai kota industri dan perdagangan di Indonesia adalah kota Batam, sebuah kota kepulauan yang terletak pada provinsi Kepulauan Riau. Sudah jauh sebelumnya, pemerintah menetapkan pulau Batam sebagai pusat industri dan perdagangan Indonesia di Asia Tenggara, karena letaknya yang sangat strategis.
Terletak diselat Jalur selat Malaka, yang merupakan pusat lintas perdagangan dan pelayaran antara Asia, Afrika dan Amerika. Letaknya yang dekat dengan Singapura, sekitar setengah jam perjalanan, sehingga membuat beberapa investor luar negeri melirik Batam sebagai tempat industri, mengingat lahan di Singarupa sangat terbatas.
Perkembangan ekonomi makro yang meningkat pesat dan keamanan yang stabil dalam negeri yang stabil, membuat pulau ini menjadi incaran utama pengusaha-pengusaha luar yang ingin menanamkan usahanya di Indonesia. Hal ini yang mebuat kota pulau ini menjadi syurga bagi pencari kerja. Bahkan beberapa perusahaan di Batam, terpaksa merekrut sendiri calon tenaga kerjanya diluar pulau Batam, karena terbatasnya tenaga kerja yang ada. Tentu saja, tenaga kerja yang terampil dan yang punya keahlian.
Tetapi perlu diketahui bahwa, industri yang berkembang di Batam lebih banyak keindustri elektronik bahkan menempati seperdua dari jumlah industry yang lainnya. Disamping itu, beberapa jenis industri lainnya seperti jasa, industri alat berat dan lain-lain. Keamanan, biaya hidup dan perumahan yang relatif murah, membuat seorang pekerja kerasan tinggal di Batam, disamping juga keindahan alamnya yang merupakan daya tarik tersendiri, sebagai pelepas penat di akhir pekan.
Bagi anda yang ingin mencari peruntungan untuk bekerja, tidak ada salahnya anda memiliki Batam sebagai salah satu tempat pavorit. Tetapi, bagaimana dan dimanapun, seorang pekerja harus tetap mempunyai keahlian tersendiri. Hal yang paling utama adalah penguasaan komunikasi, terutama bahasa Inggris, karena manajemen-manajemen perusahaan di Batam, lebih banyak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari-hari di perusahaan.
Jurusan yang lebih banyak diserap oleh industri-industri di Batam adalah jurusan elektro, ekonomi, psikologi, hukum, dan jurusan-jurusan lain yang berhubungan dengan dunia industri elektronika.

Sumber: http://www.psychologymania.com/2012/02/batam-syurga-bagi-pencari-kerja.html


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar